9+ Rekomendasi Wisata Purwakarta paling Menakjubkan

WARRIORQUEEN – Meskipun saat ini kita tengah menghadapi pandemi Covid 19, bukan berarti tidak ada kesempatan sama sekali untuk mengunjungi tempat wisata. Tentu saja, Anda wajib mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di masing-masing tempat wisata.

Salah satu kota yang memiliki banyak destinasi wisata menarik dan menjakjubkan adalah Purwakarta. Yang merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Barat dan lokasinya berjarak kurang lebih 80 km sebelah tenggara Jakarta.

Purwakarta merupakan daerah yang kaya akan wisata. Baik itu wisata alam, wisata budaya, wisata ziarah, wisata buatan, maupun yang lainnya, semua ada di wilayah seluas 971,72 km2 

Rekomendasi Wisata Purwakarta

Berkunjung ke objek wisata di Purwakarta membuat Anda bisa mendapatkan pengalaman berbeda dan tak terlupakan. Cocok dikunjungi oleh siapapun, baik sendiri, bersama kekasih, bersama sahabat, ataupun bersama keluarga tercinta.

Akses lokasi untuk masuk ke daerah ini bukanlah sesuatu yang sangat sulit. Meski di tempat wisata tertentu, aksesnya tidak mudah tapi insyaallah bisa di atasi dengan baik.

Langsung saja, teruntuk Anda yang sedang berada di Purwakarta atau bingung mau berwisata kemana berikut saya rekomendasikan beberapa destinasi wisata yang berada di Kabupaten Purwakarta :

Waduk Jati Luhur

Waduk Jati Luhur.jpg

Waduk Jatiluhur dikenal sebagai danau buatan pertama di Indonesia yang telah ada sejak tahun 1957 silam. Awalnya tempat ini memang bukanlah objek wisata, namun seiring berjalannya waktu akhirnya pengelola menjadikan destinasi wisata baik para pelancong yang datang ke Purwakarta.

Lokasi waduk Jatiluhur ini tepat berada di Kecamatan Jatiluhur, atau sekitar 9 kilometer dari pusat kota Purwakarta. Masih cukup strategis dan bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi ataupun menyewa kendaraan.

Waduk Jatiluhur bukan sekadar tempat untuk melihat air irigasi, melainkan lebih daripada itu. Kawasan Jatiluhur memiliki banyak spot rekreasi yang bisa Anda kunjungi seperti lapangan tenis, bilyard, perkemahan, kolam renang, hotel, playground, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tak hanya itu saja, untuk Anda yang gemar berswafofo, di Jatiluhur terdapat banyak spot foto untuk mengabadikan momen rekreasi ini. Membuat perjalanan Anda menjadi takkan pernah terlupakan.

Untuk bisa masuk ke kawasan waduk Jatiluhur, Anda cukup merogoh kocek 15 ribu saja jika hari biasa dan 20 ribu untuk akhir pekan. Cukup terjangkau bukan?

Waduk Cirata

Waduk Cirata.jpg

Selain waduk Jatiluhur, waduk lainnya yang bisa Anda kunjungi adalah waduk Cirata yang berlokasi di tiga kabupaten sekaligus yaitu Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Bandung Barat. Selain sebagai tempat pembangkit listrik, tempat ini juga merupakan objek wisata yang cocok untuk Anda penggemar ikan.

Waduk ini memiliki keramba jaring apung penghasil ikan dan menjadi destinasi wisata terbaik bagi pemancing ikan. Selain itu ada juga, wisata kuliner dimana Anda bisa mencicipi enaknya ikan bakar bersama teman-teman.

Semakin nyaman karena waduk ini dikelilingi perbukitan yang sangat indah. Dijamin Anda takkan pernah bosan untuk berwisata dan terus ingin kembali ke tempat ini.

Untuk menuju ke waduk Cirata, Anda bisa melewati tol Cipularang dan pergi menuju ke tol Cikalong wetan, baru melanjutkan perjalanan ke Waduk Jatiluhur. Rute itu jika Anda datang dari daerah Bandung.

Sementara itu, apabila Anda dan rombongan berangkat dari Jakarta, kamu bisa keluar melalui tol Jatiluhur dan kemudian masuk ke area plered. Akses masuk yang tidak sulit sama sekali bukan?

Harga tiket masuk ke Rekening Waduk Cirata masih sangat terjangkau. Bila Anda mengendarai mobil, cukup membayar 3000 saja sedangkan jika membawa mobil hanya tambah 2000 rupiah. Cukup terjangkau bukan?

Cikao Park

Cikao Park.jpg

Salah satu tempat wisata di Purwakarta yang lagi hits dan kerap dikunjungi wisatawan adalah Cikao Park yang lokasi tepatnya berada di Jalan Raya Sukatani, Cisalada, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Cikao Park merupakan objek wisata yang menggabungkan waterpark, taman lampion dan taman satwa dalam 1 area.

Cikao Park menjadi tempat terbaik bagi siapapun terutama anak-anak yang ingin bermain berbagai macam wahana. Selain itu di tempat ini Anda bisa berenang dan bertemu langsung dengan satwa.

Beberapa wahana favorit yang ada di Cikao Park antara lain yaitu kolam renang, taman wisata, taman satwa, bird park, taman lampion, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bukan sekadar wisata yang menyenangkan, tetapi juga menjadi wisata yang memberikan edukasi bagi pengunjungnya.

Untuk harga tiket masuknya sendiri, pengunjung hanya perlu membayar 10 ribu saja di hari biasa dan membayar 20 ribu di akhir pekan. Sementara itu, jika ingin masuk ke area watermark harga tiketnya adalah 40 ribu di hari biasa dan 50 ribu di akhir pekan.

Hidden Valley Hills

Hidden Valley Hills.jpg

Hidden Valley Hills Purwakarta merupakan salah satu destinasi wisata masa kini yang bisa Anda kunjungi di Purwakarta, Jawa Barat. Hidden Valley Hills merupakan penginapan yang berada di area perbukitan dengan pemandangan yang begitu menakjubkan.

Dengan suasana yang sejuk, membuat siapapun betah berlama-lama ada di tempat ini. Dijamin, Anda tidak akan pernah bosan untuk kembali lagi berwisata di Hidden Valley Hills.

Tak sekadar itu saja, bagi Anda yang suka berenang di sini tersedia kolam renang outdoor sehingga bisa sepuasnya berenang dan bermain air. Berbagai spot foto juga tersedia di sini dan Anda bisa sepuasnya mengambil gambar.

Bagi Anda yang ingin menuju ke objek wisata ini, bisa menempuh perjalanan sekitar 16 KM menuju arah selatan dari pusat kota Purwakarta. Ini akan menempuh waktu selama 40 menitan apabila Anda membawa kendaraan pribadi.

Sementara itu, tarif biaya masuknya adalah 35 ribu per orang. Namun, jika Anda ingin berenang di kolam renang, maka harus membayar lagi 25 ribu rupiah.

Gunung Bongkok

Gunung Bongkok.jpg

Destinasi wisata Purwakarta selanjutnya adalah Gunung Bongkok yang cocok bagi Anda para pecinta alam ataupun pendaki gunung. Terlebih lagi gunung ini semakin populer karena dipopulerkan melalui film 5 cm yang sangat terkenal.

Dengan ketinggian yang hanya 900 meteran saja membuat siapapun bisa mendakinya. Sekalipun itu seorang pemula yang sebelumnya belum pernah mendaki gunung sama sekali.

Memang medannya tidak bisa dikatakan mudah, namun Anda tak perlu khawatir karena di sana banyak tali pengaman. Selain itu, para pemandu juga siap untuk membantu Anda menuju ke puncak ketinggian.

Paling pas pendakian dilakukan pada akhir pekan dan saat tiba di puncak gunung, Anda akan langsung melihat pemandangan yang begitu eksotis. Dari puncak, Anda juga bisa melihat Waduk Jatiluhur dan Puncak Batu Datar.

Teruntuk Anda yang ingin camping di gunung ini, harga tiket masuknya adalah 12 ribu per orang ditambah biaya parkir sebesar 5 ribu rupiah.

Gunung Parang

Gunung Parang.jpg

Gunung Parang di Purwakarta bukan gunung yang biasa. Menawarkan hal berbeda karena terdapat panjat tebing yang bisa Anda panjat untuk menerjang tantangan. Bahkan panjat tebing ini merupakan yang terbesar kedua di Asia.

Tak hanya mendaki dan melakukan panjat tebing saja, Anda juga bisa mencoba menginap di hotel gantung yang letaknya seperti menempel pada dinding tebing. Tak perlu khawatir, hotel ini bukanlah tempat yang tidak terlalu tetapi dikelola dengan baik oleh sebuah perusahaan ternama.

Jarak antara pusat kota Purwakarta ke Gunung Parang memang sangat jauh, namun aksesnya masih cukup mudah. Perjalanan bisa Anda mulai dari tol Purbaleunyi dan menuju jalur Arteri Sulatani.

Kemudian lanjutkan perjalanan ke ke kawasan Cilalawi sampai menuju Desa Tajur. Dari posisi inilah, Anda tinggal mengikuti menyusuri jalan mengikuti papan penunjuk hingga sampai ke Gunung Parang.

Harga tiket masuk ke Gunung Parang berbeda-beda tergantung ketinggian yang dipilih. Untuk ketinggian 100 meter, tarifnya 100 ribu per orang sedangkan untuk ketinggian 700 meter biayanya adalah 465 ribu rupiah.

Kalau Anda ingin berhemat, bisa mencoba paket wisata yang ditawarkan oleh pihak operator. Anda cukup membayar 500 ribu saja dan Anda sudah bisa menikmati fasilitas panjat tebing.

Desa Sejuta Batu

Desa Sejuta Batu.jpg

Untuk Anda pencinta wisata alam dengan panorama memanjakan mata, Desa Sejuta Batu bisa menjadi pilihan terbaik yang ada di Purwakarta. Walaupun namanya “desa”, tetapi tempat wisata ini sebenarnya berlokasi di atas gunung dengan permukiman yang masih terbilang sepi.

Di sini, ada banyak fasilitas yang bisa Anda nikmati. Mulai dari memancing, offroad, panjat tebing, hingga jelajah alam dan menikmati segarnya udara dataran tinggi. Dan semua bisa Anda nikmati gratis, tanpa dipungut biaya.

Jika Anda ingin bermalam di desa ini, ada juga fasilitas untuk berkemah dan merasakan pengalaman tidur di alam terbuka. Jadi untuk pencinta wisata alam, jangan lupa mampir ke Desa Sejuta Batu yang berlokasi di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegalwaru, Purwakarta.

Giri Tirta Wanayasa

Giri Tirta Wanayasa.jpg

Masih tentang rekreasi alam, ada pula tempat wisata Purwakarta bernama Giri Tirta Wanayasa. Beberapa dari Anda mungkin mengenal destinasi yang satu ini sebagai kolam renang terbuka dengan pemandangan alam yang indah.

Tetapi belum banyak yang tahu bahwa di Giri Tirta ini terdapat perkebunan manggis dengan luas belasan hektar. Pengunjung yang sudah melakukan reservasi akan diberi kesempatan untuk mengelilingi kebun manggis ini dengan menggunakan mobil yang sudah disediakan oleh pengelola.

Selain itu, terdapat pula saung-saung atau pendopo yang tersebar di hampir tiap sudut Wanayasa. Saung tersebut boleh digunakan untuk makan bersama keluarga atau sekedar duduk-duduk santai menikmati suasana hutan manggis.

Harga tiket masuk disini cukup beragam. Dari 25 ribu hingga 125 ribu, tergantung paket wisata dan fasilitas yang Anda inginkan.

Goa Belanda dan Goa Jepang Purwakarta

Goa Belanda dan Goa Jepang Purwakarta.jpg

Siapa bilang goa bekas peninggalan Jepang dan Belanda hanya ada di Bandung? Ternyata di kota Purwakarta pun ada goa dengan sejarah yang sama.

Berdasarkan sejarah yang disebarkan secara turun-temurun, kedua goa ini dibangun sekitar tahun 1942 atau ketika masa kerja paksa romusha. Pada saat itu, goa Jepang dan Belanda ini difungsikan sebagai tempat penyimpanan senjata dan bubuk mesiu.

Selain itu, goa ini juga pernah difungsikan sebagai media komunikasi Hinda-Belanda dan menjadi jalur terowongan PLTA. Tetapi kini goa yang berlokasi di Desa Pusakamulya Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta sudah dibuka untuk umum sebagai tempat wisata.

Dengan membayar tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah, Anda sudah bisa menjelajahi goa bersejarah ini sepuasnya.

Taman Air Mancur Sri Baduga

Taman Air Mancur Sri Baduga.jpg

Selanjutnya untuk Anda yang ingin berwisata ke Singapura, tetapi belum bisa direalisasikan karena masih pandemi, ada tempat wisata yang mirip dengan di Singapura bernama Taman Air Mancur Sri Baduga. Di sini, Anda bisa menikmati penampilan air mancur yang mirip dengan di sekitar patung Merlion gratis.

Taman Air Mancur Sri Baduga berlokasi di Jalan K.K Singawinata No.73, Nagri Kidul, Kec. Purwakarta. Di tanggal-tanggal tertentu, sering diadakan pertunjukan air mancur dengan lampu warna-warni yang sangat memanjakan mata di malam hari.

Sentra Keramik Plered

Sentra Keramik Plered.jpg

Puas mengelilingi kota Purwakarta, sekarang waktunya membeli cinderamata untuk keluarga di rumah. Salah satu toko oleh-oleh yang paling terkenal di sini adalah Sentra Keramik Plered.

Selain membeli keramik, guci, kendi, dan karya seni dari tanah liat lainnya, Anda juga bisa melihat dan mencoba sendiri proses pembuatannya dari awal. Mulai dari mengambil tanah liat yang masih berbentuk bongkahan hingga dibentuk menjadi guci menggunakan tembikar.

Harga tiket masuk ke destinasi wisata ini sebenarnya gratis. Tapi jika Anda ingin membeli guci yang dijual, biaya yang perlu disiapkan mulai dari 50 ribu hingga 500 ribu rupiah.

Itulah dia rekomendasi tempat wisata Purwarkata yang wajib Anda kunjungi. Jangan lupa selalu patuhi protokol kesehatan agar tetap berwisata tanpa was-was akan tertular penyakit apapun. Artikel selanjutnya yang akan kita bahas adalah 7+ Rekomendasi Wisata Gunung Kidul yang Indah

9+ Rekomendasi Wisata Purwakarta paling Menakjubkan
Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *